Bagaimana Hukumnya dalam Islam Apabila Suami Minta Izin Poligami? Para Istri Wajib Tahu!

- 8 Juni 2021, 13:50 WIB
Bagaimana Hukumnya dalam Islam Apabila Suami Minta Izin Poligami
Bagaimana Hukumnya dalam Islam Apabila Suami Minta Izin Poligami /Pexels/lamngakan eka

RUANG TERANG - Jika seseorang berniat menikah lagi maka Islam memberi satu syarat tambahan yaitu mampu adil baik dalam pergiliran malam maupun nafkah.

Lalu bagaimana jika suami meminta izin untuk menikah lagi? Hal pertama yang harus dilihat adalah apakah suami memiliki sifat-sifat yang disebutkan tadi?

Jika ia mampu berbuat adil, maka lebih baik mengizinkannya agar mencegah suami terjerumus pada hal-hal yang dilarang syariat.

Sebagaimana disadur Ruangterang dari Bimbingan Islam, seorang suami tidak memiliki kewajiban untuk meminta izin kepada seorang istri ketika ia ingin melakukan poligami.

Baca Juga: 3 Sinetron RCTI Kuasai 10 Besar Program dan Rating TV Terbaik Hari Ini

Satu-satunya syarat yang Allah tetapkan sebagai pembolehan poligami adalah bisa adil dalam permasalahan yang ia sanggupi, seperti nafkah, dan penggiliran malam.

Allah berfirman:

….فَٱنكِحُوا۟ مَا طَابَ لَكُم مِّنَ ٱلنِّسَآءِ مَثْنَىٰ وَثُلَٰثَ وَرُبَٰعَ ۖ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا۟ فَوَٰحِدَةً أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰٓ أَلَّا تَعُولُوا۟

”Maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.” (QS. Annisa’ ’: 3).

Halaman:

Editor: Daddy Mulyanto

Sumber: Bimbingan Islam


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X