Benarkah Ada Dalil Wanita yang Mau Dipoligami Dijamin Masuk Surga, Ini Jawabannya

- 8 Juni 2021, 14:04 WIB
Ilustrasi poligami
Ilustrasi poligami /

RUANG TERANG - Adakah dalil bagi wanita yang mau di poligami di jamin masuk surga? Sudah menjadi perbincangan dan beredar di masyarakat tentang hal ini bahwa apabila seorang wanita mengizinkan suaminya menikah lagi jaminannya surga.

Memang belum ada dalil shahih yang menyatakan secara khusus tentang hal ini, yaitu ridhonya istri yang dimadu.

Namun hadits yang menjelaskan ketika seorang wanita bersabar dalam ketaatan kepada suaminya, maka hal itu menjadi salah satu sebab yang akan mengantarkannya masuk surga.

Disadur Ruang Terang dari Bimbingan Islam, sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban:

إذا صلت المرأة خمسها وصامت شهرها وحصنت فرجها وأطاعت زوجها قيل لها : ادخلي الجنة من أي أبواب الجنة شئت

“Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa (pada bulan Ramadhan), menjaga kemaluannya, taat kepada suaminya, maka akan dikatakan kepadanya: “*Masuklah ke dalam surga dari pintu mana saja yang kamu sukai*”. (Dishahihkan oleh Albani dalam Shahih al-Jami’ ash-Shaghir: 660)

Baca Juga: Bagaimana Hukumnya dalam Islam Apabila Suami Minta Izin Poligami? Para Istri Wajib Tahu!

Maka kesabaran istri atas poligami suaminya dengan wanita lain akan mendapatkan pahala khusus di atas yang telah disebutkan dalam hadits tersebut, dapat dilihat dari beberapa hal:

1.Bahwa suaminya menikah lagi dengan wanita lain menjadi ujian baginya, jika dia bersabar akan hal itu, maka dia akan mendapatkan pahala sabar dari ujian tersebut, sebagaimana firman Alloh:

Halaman:

Editor: Daddy Mulyanto

Sumber: Bimbingan Islam


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X