Daya Tampung Sekolah Negeri Terbatas, Ini Syarat PPDB DKI Tahun Ini

- 7 Juni 2021, 11:07 WIB
Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mulai membuka PPDB tahun ajaran 2021/2022.
Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mulai membuka PPDB tahun ajaran 2021/2022. /Facebook/Dinas Pendidikan DKI Jakarta

RUANG TERANG - Dinas Pendidikan DKI Jakarta mulai melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 di DKI Jakarta.

Sejumlah syarat dan ketentuan PPDB tahun ini kembali diberlakukan karena daya tampung sekolah negeri di Jakarta terbatas.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana mengungkapkan, total daya tampung untuk SMP Negeri dibandingkan dengan lulusan dari SD Negeri dan Swasta serta Madrasah hanya dapat mengakomodir 47.33% peserta didik.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Capricorn, Aquarius dan Pisces, 7 Juni 2021: Belum Terlambat untuk Memperbaiki Hubungan

Begitu pun dengan total daya tampung SMA Negeri dan SMK Negeri dibandingkan dengan lulusan dari SMP Negeri dan Swasta serta Madrasah hanya dapat mengakomodir 33.66% peserta didik. 

“Dengan daya tampung yang terbatas dan sebaran sekolah yang tidak merata, di mana terdapat 168 Kelurahan tidak memiliki SMA Negeri dan 86 Kelurahan tidak memiliki SMP Negeri, maka harus diterapkan berbagai seleksi PPDB," ujar Nahdiana melalui keterangan tertulis PPID DKI Jakarta, Senin (7/6/2021).

Diakuinya, Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah melakukan persiapan untuk membentuk aturan PPDB yang paling sesuai dengan melakukan kegiatan uji publik agar mendapatkan masukan dari para pakar, praktisi, Birokrat, akademisi dan stakeholder pendidikan serta perwakilan orangtua dalam penyusunan kebijakan PPDB Tahun 2021/2022

Baca Juga: Ramalan Zodiak Libra, Scorpio dan Sagitarius 7 Juni 2021: Jangan Terlalu Agresif, Hati-hati dengan Temperamen

Dia menuturkan, di DKI Jakarta terdapat Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Negeri (SPAUDN) sebanyak 113, Sekolah Dasar Negeri (SDN) sebanyak 1.322, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) sebanyak 292, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) sebanyak 115, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) sebanyak 73, Sekolah Luar Biasa Negeri (SLB) sebanyak 13, dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebanyak 39. 

Halaman:

Editor: Peri Irawan

Sumber: PPID DKI JAKARTA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X