Siapkan Dana 1,7 Triliun, PUPR Targetkan Bendungan Semantok Rampung Tahun 2022

- 8 Juni 2021, 17:41 WIB
Kementerian PUPR menargetkan proyek pembangunan Bendungan Semantok Rampung pada 2022.
Kementerian PUPR menargetkan proyek pembangunan Bendungan Semantok Rampung pada 2022. /Dok Kementerian PUPR

RUANG TERANG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sungai Brantas  mempercepat pembangunan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Proyek ini digulirkan sejak Desember tahun 2017 dengan progres saat ini telah mencapai 76%.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, proyek Bendungan Semantok merupakan salah satu Program Strategis Nasional dengan biaya konstruksi sebesar Rp 1,7 triliun. Ia berharap pembangunan Bendungan Semantok ditargetkan rampung dan mulai pengisian awal (impounding) pada tahun 2022.

Baca Juga: Peringati Hari Laut Sedunia IANFU Himbau Jepang Tak Buang Limbah Nuklir ke Laut Pasifik

“Dengan demikian pembangunan bendungan yang diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” ujar Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

"Pelaksanaan pembangunan terdiri dari dua paket pekerjaan, yakni paket 1 dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT. Brantas Abipraya – PT Pelita Nusa Perkasa, KSO, dan paket 2 menggandeng PT Hutama Karya – PT Bahagia Bangunnusa, KSO," tambahnya.

Basuki Hadimuljono menambahkan, bendungan Semantok didesain dengan tipe zonal inti tegak yang memiliki tinggi 34 meter, lebar puncak bendungan 9 meter dan panjang puncak bendungan 3.100 meter.

Baca Juga: Jamaah Masjid Raya Bandung Bisa Menikmati Air Minum Segar dari Mesin Reverse Osmosis dengan Cuma-cuma

Dengan volume tampung 32,67 juta m3 dan luas area genangan 365 hektar, bendungan ini berfungsi untuk menyalurkan air saat musim kemarau guna mencegah terjadinya kekeringan pada areal persawahan sehingga dapat meningkatkan hasil produksi pertanian di daerah tersebut

Halaman:

Editor: Peri Irawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X