Ada Wacana Sembako Kena PPN, Demokrat: Menyusahkan Rakyat

- 9 Juni 2021, 15:15 WIB
Pemerintah merencanakan akan mengenakan PPN untuk sembako
Pemerintah merencanakan akan mengenakan PPN untuk sembako /Pixabay /EmAji

RUANG TERANG - Rencana pemerintah untuk mengenakan pajak pertambahan nilai (PPN) terhadap sembako menuai kontroversi.

Sebab, kebijakan pengenaan PPN ini diduga akan membuat harga sembako semakin mahal. Di sisi lain, kondisi perekonomian di tanah air belum stabil usai diterpa pandemi Covid-19.

Pengurus DPP Partai Demokrat, Taufiqurrahman menilai, kebijakan pengenaan PPN terhadap sembako hanya akan semakin menyengsarakan rakyat.

Baca Juga: Jokowi Pastikan LRT Jabodebek Terintegrasi Dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Kebijakan pengenaan PPN untuk sembako otomatis menyebabkan harga sembako mengalami kenaikan, karena sesuai aturan perpajakan bahwa pihak yang menanggung beban pajak PPN adalah konsumen akhir atau pembeli," ujar Taufiqurrahman, di Jakarta, Rabu (9/6/2021).

Imbasnya, kata mantan anggota DPRD DKI Jakarta ini, rakyat harus mengeluarkan biaya tambahan saat membeli sembako demi mengakomodasi kebijakan PPN sembako tersebut.

Ditengah kondisi perekonomian yang sangat memprihatinkan hari ini, ungkap Taufiqurrahman, kebijakan pengenaan PPN sembako ini hanya akan mencekik rakyat.

Baca Juga: Panggil Kuda dengan Nama Istri Nabi, Begini Pengakuan Gisel Usai Disemprot Tokoh Nahdlatul Ulama

Bahkan, dia mengkhawatirkan masyarakat yang tidak mampu membeli sembako akan menjadi pemicu gelombang besar penolakan terhadap rencana penerapan kebijakan ini.

Halaman:

Editor: Peri Irawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X